Tautan-tautan Akses

Pemberontak Suriah Rebut Sebagian Besar Kota Raqa


Pemberontak Suriah dilaporkan menguasai kota Raqa, di tepi Sungai Efrat sekitar 80 kilometer sebelah selatan Turki (foto: dok).

Pemberontak Suriah dilaporkan menguasai kota Raqa, di tepi Sungai Efrat sekitar 80 kilometer sebelah selatan Turki (foto: dok).

Pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan pemberontak bertempur di sisi pejuang Front Islam al-Nusra dalam memperebutkan Raqa.

Sebuah kelompok pemantau Suriah mengatakan pemberontak yang bertempur melawan pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad telah menguasai sebagian besar kota Raqa di Suriah utara setelah pertempuran sengit berhari-hari.

Jika pemberontak menguasai Raqa – sebuah ibukota provinsi di tepi Sungai Efrat sekitar 80 kilometer sebelah selatan Turki ini akan merupakan pertama kalinya seluruh kota akan jatuh ke tangan pejuang anti-Assad.

Pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan pemberontak bertempur di sisi pejuang Front Islam al-Nusra dalam memperebutkan Raqa. Kelompok ini mengunggah rekaman video amatir yang menunjukkan warga sedang merobohkan patung ayah dan pendahulu Assad, Hafez al-Assad.

Di Arab Saudi hari Senin, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Saud al Faisal memperingatkan Assad bahwa kedua negara akan meningkatkan dukungan kepada pemberontak kecuali jika ia mundur.
XS
SM
MD
LG