Tautan-tautan Akses

Pemberontak Suriah Terus Bergerak ke Damaskus


Tentara pemberontak Suriah mengambil posisi di Aleppo, kota pusat perdagangan Suriah (14/11).

Tentara pemberontak Suriah mengambil posisi di Aleppo, kota pusat perdagangan Suriah (14/11).

Pemberontak merebut beberapa posisi militer di wilayah-wilayah terpencil pekan lalu, termasuk pangkalan Pasukan Khusus dekat Aleppo, pusat perdagangan Suriah.

Pasukan pemerintah Suriah yang didukung tank-tank bertempur untuk menyingkirkan pasukan pemberontak dari kubu pertahanan oposisi di pinggiran kota Damaskus, Selasa, dalam pertempuran paling hebat di ibukota dalam beberapa bulan ini.

Sumber-sumber oposisi mengatakan, pasukan elit Garda Republik menyerang pinggiran kota Daraya yang dikuasai pemberontak dan menghadapi perlawanan sengit dari para pejuang anti pemerintah, yang bertahan di posisi-posisi mereka meskipun telah dibombardir dari udara selama beberapa hari.

Setelah kemajuan yang lamban dicapai dalam beberapa bulan ini, pemberontak merebut beberapa posisi militer di wilayah-wilayah terpencil pekan lalu, termasuk pangkalan Pasukan Khusus dekat Aleppo, pusat perdagangan Suriah.

Sementara itu, pemerintah Inggris resmi mengakui koalisi oposisi Suriah dan akan memberi dukungan komunikasi dan bantuan lainnya kepada kelompok itu. Inggris menjadi negara ke-sepuluh yang melakukan demikian setelah Perancis, Italia, Turki dan negara-negara Arab Teluk.

Juga Selasa, menteri luar negeri Turki mengatakan negara-negara NATO telah sepakat untuk memasok sistem misil Patriot bagi Ankara untuk mempertahankan diri dari pengeboman melintas batas oleh Suriah. Meskipun pengerahan sistem itu untuk keperluan defensif, ini menandai menguatnya tentangan internasional terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.
XS
SM
MD
LG