Tautan-tautan Akses

Pemberontak Suriah Bebaskan Pasukan PBB


Anggota pasukan perdamaian PBB asal Filipina mengendarai mobil di Dataran Tinggi Golan, antara perbatasan Suriah-Israel (9/3).
Anggota pasukan perdamaian PBB asal Filipina mengendarai mobil di Dataran Tinggi Golan, antara perbatasan Suriah-Israel (9/3).

Pemberontak Suriah hari Sabtu (9/3) telah membebaskan 21 anggota pasukan perdamaian PBB, yang ditahan di Dataran Tinggi Golan.

Seorang pejabat PBB mengatakan ke 21 anggota pasukan perdamaian PBB, yang ditahan di Dataran Tinggi Golan oleh pemberontak Suriah, telah dibebaskan dan diserahkan kepada pihak berwenang di Yordania.

Mokhtar Lamani, wakil utusan perdamaian untuk Suriah di Damaskus yang ditunjuk PBB dan Liga Arab, mengukuhkan bahwa pasukan penjaga perdamaian - semua warga Filipina – dibawa ke Yordania. Mereka telah ditahan sejak hari Rabu.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyambut baik berita pembebasan penjaga perdamaian itu dan mendesak semua pihak agar menghormati keselamatan mereka dan kebebasan bergerak.

Perundingan tuntas hari Jumat tetapi kegelapan malam menunda kedatangan konvoi PBB ke tempat pasukan penjaga perdamaian itu ditahan di desa Jamla, Dataran Tinggi Golan. Pasukan PBB akhirnya membawa mereka ke tempat aman di Yordania.
XS
SM
MD
LG