Tautan-tautan Akses

Pemberontak Suriah Bebaskan 9 Peziarah Lebanon dan 2 Pilot Turki


Murat Akpinar (tengah) dan Murat Agca (kiri atas), dua pilot Turkish Airlines yang diculik di Beirut, tiba di bandara Ataturk, Istanbul, Turki (19/10).

Murat Akpinar (tengah) dan Murat Agca (kiri atas), dua pilot Turkish Airlines yang diculik di Beirut, tiba di bandara Ataturk, Istanbul, Turki (19/10).

Sembilan peziarah asal Lebanon yang diculik di Suriah dan dua pilot Turki yang disandera di Lebanon, telah kembali ke negara mereka masing-masing Sabtu malam (19/10).

Ribuan orang di Beirut menyambut para peziarah Syiah yang baru dibebaskan dari Lebanon, Sabtu malam (19/10). Seorang laki-laki diangkat beramai-ramai keluar dari bandara. Sementara itu, pesawat yang membawa dua pilot Turkish Airlines mendarat di Istanbul, disambut Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dan para pejabat lainnya.

Pesawat yang mengangkut bekas sandera itu lepas landas hanya selang beberapa menit, sebagai bagian dari rencana yang disusun secara hati-hati. Pembebasan para sandera itu mengakhiri kemelut yang dimulai 1,5 tahun lalu ketika para pemberontak Suriah menculik para peziarah itu, memicu negosiasi penculikan yang melibatkan kedua pilot Turki itu.

Perjanjian itu, yang dirundingkan oleh para pejabat Qatar dan Palestina, sekaligus untuk membebaskan belasan perempuan yang ditahan di penjara pemerintah Suriah untuk memenuhi tuntutan para pemberontak yang menculik para peziarah itu.

Namun hingga Sabtu malam, masih belum jelas apakah sudah ada perempuan yang dibebaskan. Pemerintah Suriah dan kantor berita milik pemerintah, SANA, tidak menyebutkan adanya pembebasan itu.
XS
SM
MD
LG