Tautan-tautan Akses

Pemberontak Sudan Kukuhkan Kematian Pemimpin Mereka


Kepala kelompok pemberontak Sudan, Gerakan Keadilan dan Kesetaraan (JEM), Khalil Ibrahim tewas di tangan pasukan Sudan (foto: dok).

Kepala kelompok pemberontak Sudan, Gerakan Keadilan dan Kesetaraan (JEM), Khalil Ibrahim tewas di tangan pasukan Sudan (foto: dok).

Kelompok pemberontak utama di kawasan Darfur di Sudan, Gerakan Keadilan dan Kesetaraan (JEM), mengukuhkan bahwa pemimpinnya telah tewas.

Wakil kelompok pemberontak Sudan, Gerakan Keadilan dan Kesetaraan (JEM) hari Senin mengatakan Khalil Ibrahim tewas hari Jumat dalam sebuah serangan udara pemerintah Sudan atas kamp-nya. Sebelumnya, para pejabat Sudan mengatakan Ibrahim cedera dalam bentrokan dengan tentara Jumat lalu dan tewas dua hari kemudian.

JEM mengatakan tewasnya Ibrahim tidak akan menghentikan perlawanan mereka untuk menumbangkan pemerintah, sedangkan para pejabat Sudan menyebut kematian itu sebagai pukulan berat bagi pemberontak.

JEM dan sejumlah kelompok pemberontak lain yang berpusat di Darfur melancarkan perlawanan anti-pemerintah tahun 2003. Mereka dan PBB menuduh Sudan memerintahkan milisi Arab pro-pemerintah agar menyerang warga sipil di Darfur, menewaskan ratusan ribu orang dan mengakibatkan banyak lainnya kehilangan tempat tinggal.

Mahkamah Kejahatan Internasional telah mengeluarkan surat perintah penangkapan atas Presiden Sudan Omar al-Bashir dengan tuduhan kejahatan atas kemanusiaan.

XS
SM
MD
LG