Tautan-tautan Akses

Pemberontak Sudan akan Segera Bebaskan Pekerja Tiongkok


Para pekerja perusahaan minyak Tiongkok tengah bekerja di fasilitas pengeboran minyak Paloich, di Sudan selatan (foto: dok).

Para pekerja perusahaan minyak Tiongkok tengah bekerja di fasilitas pengeboran minyak Paloich, di Sudan selatan (foto: dok).

Pemberontak Sudan mengatakan mereka akan "segera" melepaskan 29 pekerja Tiongkok yang diculik di negara bagian Kordofan Selatan lebih dari satu minggu lalu.

Seorang juru bicara pemberontak untuk Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan Utara (SPLM-N), Arnu Ngutulu Lodi mengatakan hari Senin, kelompok pemberontak itu telah melakukan kontak langsung dengan pemerintah Tiongkok.

Sebelumnya, juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok, Lui Weimin mengatakan pemerintahnya telah berhubungan dengan para pekerja itu melalui telepon dan ia menggambarkan mereka sebagai bersemangat.

Para pekerja Tiongkok tersebut diculik dari sebuah kamp yang dioperasikan oleh perusahaan konstruksi jalan Tiongkok di negara kaya minyak itu bulan lalu.

Kordofan selatan terletak di sepanjang perbatasan dengan Sudan Selatan yang baru merdeka. Pemberontak SPLM-N secara tradisi bersekutu dengan selatan dan telah melakukan kegiatan pemberontakan melawan pemerintah Sudan dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam beberapa bulan terakhir, Sudan telah meningkatkan serangan militer terhadap pemberontak di sepanjang perbatasan, memicu ribuan orang mengungsi ke Sudan Selatan untuk mencari keselamatan.

XS
SM
MD
LG