Tautan-tautan Akses

Pemberontak Patahkan Kepungan Pasukan Pemerintah Suriah


Para pemberontak terlihat sedang merawat senjata mereka di Aleppo, Suriah, 6 Agustus 2016.

Para pemberontak terlihat sedang merawat senjata mereka di Aleppo, Suriah, 6 Agustus 2016.

Pemberontak telah menerobos kepungan pemerintah Suriah terhadap daerah oposisi di kota Aleppo, yang merupakan terobosan besar militer yang mendatangkan serangan udara yang gencar hari Minggu, kata laporan oposisi, penduduk dan media pro-pemerintah.

Dalam serangan luas hari Sabtu, persekutuan kelompok-kelompok pemberontak, termasuk Front Penaklukan Levant, yakni bekas cabang al-Qaida di Suriah, memukul mundur pasukan pemerintah dan laskar-laskar sekutunya dari sejumlah perguruan tinggi militer, sebuah gudang, paberik roti, halaman parkir dan sebagian jalan raya di daerah Ramouseh, di mana pertempuran telah berkobar selama seminggu.

Pemberontak menyambut pembobolan itu sebagai pencapaian besar setelah laskar yang terkepung di kota itu berkoordinasi dengan kelompok pemberontak lain, yang mencakup bekas cabang al-Qaida yang berbasis di daerah tetangganya, provinsi Idlib. Kelompok ini telah mengumumkan pemutusan hubungan dengan jaringan teror sedunia itu seminggu sebelumnya, dengan menyebut koordinasi yang membaik dengan pemberontak lain sebagai pendorong.

Kantor berita pemerintah Suriah SANA mengatakan pemerintah telah menyatakan bahwa operasi masih terus berlangsung di daerah itu. Kantor berita itu mengatakan pesawat-pesawat tempur menyerang kendaraan-kendaraan pemberontak di daerah itu hari Minggu. [gp]

XS
SM
MD
LG