Tautan-tautan Akses

Pemberontak Libya Masuki Pinggiran Ibukota Tripoli


Baku tembak hebat terjadi di ibukota Libya, Tripoli (21/8), beberapa jam setelah pemberontak merebut pangkalan militer sebelah barat Tripoli.

Baku tembak hebat terjadi di ibukota Libya, Tripoli (21/8), beberapa jam setelah pemberontak merebut pangkalan militer sebelah barat Tripoli.

Televisi pemerintah Libya mengatakan, Moammar Gaddafi masih berada di Tripoli dan bertekad akan mempertahankan kota itu.

Pemberontak Libya dilaporkan telah merebut sebuah pangkalan militer yang mempertahankan ibukota Tripoli, sementara pertempuran juga dilaporkan sedang berkecamuk di kota itu.

Kantor-kantor berita melaporkan para pemberontak telah memasuki pinggiran barat kota Tripoli Minggu malam hanya beberapa jam setelah merebut sebuah pangkalan militer pemerintah 27 kilometer sebelah barat Tripoli. Pemberontak juga mengatakan pejuang-pejuang mereka telah merebut tiga distrik di ibukota Tripoli.

Pemberontak mengklaim berhasil mendaratkan sejumlah pejuang ke kota Tripoli lewat laut, tapi televisi pemerintah Libya mengatakan, pemimpin Libya Moammar Gaddafi masih berada di Tripoli dan bertekad akan mempertahankan kota itu.

Suara ledakan dan tembakan terdengar sepanjang malam di kota Tripoli hari Minggu. Kata jurubicara pemerintah hari Minggu, kota Tripoli dijaga kuat oleh ribuan tentara, dan ia menyebut pasukan pemberontak sebagai “geng-geng bersenjata” yang hanya bisa bergerak karena dibantu pasukan NATO. Pesawat-pesawat tempur NATO mendukung pemberontak dengan menyerang pasukan Gaddafi.

Kantor berita resmi Tunisia, TAP melaporkan hari Minggu bahwa pemerintah Tunisia telah mengakui pemerintah sementara Libya sebagai wakil sah negara itu.

XS
SM
MD
LG