Tautan-tautan Akses

Pemberontak Libya Kuasai Kota 80 Kilometer dari Tripoli


Pasukan pemberontak Libya terlibat baku tembak dengan pasukan pro-Gaddafi di Nalut, Libya barat (6/8).

Pasukan pemberontak Libya terlibat baku tembak dengan pasukan pro-Gaddafi di Nalut, Libya barat (6/8).

Pemberontak menguasai kota Bir al-Ghanam hari Senin, menandai lokasi terdekat kekuasaan pemberontak dari ibukota Tripoli.

Pemberontak Libya menguasai sebuah kota di gurun sebelah barat yang direbut dari pasukan pemerintah pada hari Sabtu. Ini menandai lokasi terdekat kekuasaan pemberontak dari ibukota Tripoli dalam pertempuran selama berbulan-bulan.

Wartawan kantor-kantor berita Barat yang mencapai kota Bir al-Ghanam menyatakan kota itu dikuasai pemberontak hari Senin. Kota ini berlokasi sekitar 80 kilometer sebelah barat daya Tripoli, di kawasan pegunungan Nafusa.

Pihak pemberontak menyatakan menyerbu Bir al-Ghanam hari Sabtu dengan dukungan serangan-serangan udara NATO. Para wartawan menyaksikan senjata pasukan pemerintah yang ditinggalkan dan lubang-lubang akibat serangan udara di kota itu, hari Senin.

Perdana Menteri Libya Baghdadi Mahmudi telah menyatakan bahwa Bir al-Ghanam masih berada di bawah kekuasaan pemerintah pada hari Minggu. Pemberontak Libya yang berbasis di pegunungan Nafusa telah berupaya mencapai Tripoli selama berbulan-bulan, tetapi menGaddapi perlawanan kuat dari pasukan yang setia kepada pemimpin Libya Moammar Gaddafi.
NATO menyatakan pesawat-pesawat tempurnya menyerang pasukan pro-Gaddafi di beberapa wilayah, hari Minggu, termasuk Tripoli, kota Zlitan, dan kota pelabuhan minyak di timur, Brega.

Pemberontak memulai pergolakan menentang 42 tahun masa kekuasaan otokratis Gaddafi pada bulan Februari.

XS
SM
MD
LG