Tautan-tautan Akses

Pemberontak Libya Kuasai Kembali Gunung Yafran di Libya Barat


Pasukan pemberontak Libya melakukan patroli di kawasan gurun di barat daya Tripoli (4/6).

Pasukan pemberontak Libya melakukan patroli di kawasan gurun di barat daya Tripoli (4/6).

Para pejuang etnik Berber, yang bergabung dengan pemberontak anti pemerintah, merebut kembali Yafran di barat daya Tripoli hari Senin.

Pemberontak Libya mengatakan mereka telah merebut kota Gunung Yafran, Libya barat, dari pasukan yang setia kepada pemimpin Moammar Gaddafi setelah serangan udara NATO pekan lalu menghancurkan sasaran-sasaran penting militer pemerintah, yang memungkinkan pasukan oposisi untuk bergerak maju.

Para pejuang etnik Berber, yang telah bergabung dengan pemberontak anti pemerintah, merebut kembali Yafran, kira-kira 100 kilometer di sebelah barat daya Tripoli, hari Senin. Pasukan pro-Gaddafi menyerang daerah gunung di Libya barat itu setelah penduduk lokal Berber bangkit melawan pasukan pemerintah pada permulaan pemberontakan.

Laporan-laporan media mengatakan pasukan pemerintah telah meninggalkan kota itu dan bahwa bendera-bendera pemberontak terlihat bersama-sama dengan gambar-gambar Gaddafi yang sudah dirusak.

Kamis lalu, pesawat-pesawat tempur Inggris menghancurkan dua tank pemerintah dan dua kendaraan lapis baja di Yafran.

Usaha-usaha diplomatik dilanjutkan hari Selasa, sementara seorang utusan khusus yang dikirim oleh Presiden Rusia Dmitry Medvedev akan bertemu dengan anggota-anggota Dewan Transisi Nasional pemberontak di kota Benghazi, Libya timur.





XS
SM
MD
LG