Tautan-tautan Akses

Pemberontak Libya Klaim Kontrol Atas Kota Zawiya


Tentara pemberontak Libya menuju fasilitas penyulingan minyak di kota Zawiya, sebelah barat ibukota Tripoli, dengan mengendarai truk (17/8).

Tentara pemberontak Libya menuju fasilitas penyulingan minyak di kota Zawiya, sebelah barat ibukota Tripoli, dengan mengendarai truk (17/8).

Komandan pemberontak mengatakan mereka sudah menutup pipa saluran bahan bakar penyulingan di pantai Zawiya, 50 kilometer dari Tripoli.

Pemberontak Libya menyatakan mereka telah merebut fasililtas penyulingan minyak strategis di barat Tripoli dan merebut kota di dekatnya.

Pemberontak hari Kamis mengatakan telah menguasai fasilitas penyulingan di Zawiya, 50 kilometer arah barat dari ibukota. Penduduk mengatakan pasukan oposisi menguasai sebagian besar kota itu. Pemerintah menyangkal klaim tersebut.

Pejuang oposisi telah bertempur melawan pasukan yang setia kepada pemimpin Libya Moammar Gadhafi sementara pemberontak bergerak menuju Tripoli. Pemberontak hari Kamis mengatakan telah menguasai Sabratha, kota pantai di barat Zawiya.

Sementara itu, pemerintah Libya menyerukan gencatan senjata. Perdana Menteri Baghdadi Mahmudi memberitahu para wartawan di Tripoli bahwa akhir dari apa yang dia sebut serangan udara NATO terhadap warga Libya adalah langkah pertama dalam mengakhiri pertumpahan darah.

Penduduk yang melarikan diri dari Zawiya mengatakan pasukan oposisi menguasai sebagian besar kota itu, di mana bendera merah, hitam, dan hijau mereka kelihatan. Pasukan pro-Gaddafi menembakinya dengan artileri lagi hari Rabu sementara para penembak tersembunyi yang bertahan di penyulingan menembaki pasukan pemberontak.

Kompleks Zawiya yang luas itu menyediakan hanya sedikit minyak bagi pemerintah. Gaddafi menyelundupkan minyak terutama dari negara tetangga Tunisia dan Aljazair.

Pertempuran juga terus berlangsung di front timur di kota Brega yang strategis, dimana pemberontak mengatakan 18 anggota mereka tewas dan paling sedikit 33 luka-luka hari Selasa (16/8). Pasukan oposisi sedang berusaha mengusir pasukan pro-Gaddafi dari pelabuhan minyak dan penyulingan itu, yang telah beberapa bulan tidak beroperasi.

XS
SM
MD
LG