Tautan-tautan Akses

Pemberontak Kongo Tolak Tinggalkan Kota Goma


Tentara pemberontak M23 melakukan patroli di kota Goma yang mereka rebut dari pasukan pemerintah Republik Demokratik Kongo (21/11).

Tentara pemberontak M23 melakukan patroli di kota Goma yang mereka rebut dari pasukan pemerintah Republik Demokratik Kongo (21/11).

Juru bicara pemberontak M23 mengatakan mereka tidak akan meninggalkan Goma karena tidak ada pembicaraan langsung dengan Presiden Republik Demokratik Kongo.

Pemberontak Kongo M23 mengatakan, tidak akan meninggalkan kota Goma yang telah direbutnya, meskipun para pemimpin regional mendesak agar pemberontak menarik diri dari kota itu.

Bertrand Bisimwa, juru bicara politik M23 memberitahu VOA hari Senin, kelompok itu tidak akan meninggalkan Goma karena tidak ada pembicaraan langsung dengan presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila.

Kabila bertemu sebentar dengan pemimpin politik M23 Jean-Marie Runiga di ibukota Uganda, Kampala akhir pekan yang lalu, tetapi tidak ada pembicaraan resmi antara pemerintah Kongo dan M23.

Para pemimpin regional, termasuk Kabila, menuntut agar M23 menarik diri dari Goma selambat-lambatnya Senin malam.

Pemberontak merebut kota Goma pekan lalu, dan sejak itu telah merebut kota-kota lain di Kongo bagian timur. M23 mengatakan, pemimpinnya, Sultani Makenga, hari Senin menuju Kampala untuk berbicara dengan para panglima militer regional.
XS
SM
MD
LG