Tautan-tautan Akses

Pemberontak Kongo Rebut Kota yang Ditinggalkan Militer


Anggota kelompok pemberontak M23 di Bunagana, Kongo. (Photo: AP)

Anggota kelompok pemberontak M23 di Bunagana, Kongo. (Photo: AP)

Pengambilalihan kota terjadi sehari setelah juru bicara Sekjen PBB menyerukan pengakhiran segera kekerasan di negara tersebut.

Pemberontak di Republik Demokratik Kongo menyatakan telah merebut sebuah kota di bagian timur negara itu setelah militer lari menghindari mereka.

Wakil-wakil dari gerakan pemberontak M23 menyatakan mereka merebut kota Rutshuru, Minggu tengah hari, tanpa pertempuran. Kota itu terletak di jalan utama di sebelah utara ibukota provinsi Kivu Utara, Goma.

Pengambilalihan kota itu terjadi sehari setelah seorang juru bicara Sekjen PBB Ban Ki-moon menyerukan pengakhiran segera kekerasan di negara tersebut. Seorang tentara perdamaian PBB ditembak mati hari Jumat sewaktu pemberontak bertempur melawan pasukan pemerintah dan merebut Bunagana, kota di dekat perbatasan Uganda, di sebelah tenggara Rustshuru.

M23 beranggotakan mantan-mantan tentara yang memberontak tahun ini. Mereka mengeluh tentang perlakuan terhadap mereka di kalangan militer. Mereka diduga setia kepada Bosco Ntaganda, pemimpin milisi yang diburu Mahkamah Kejahatan Internasional atas tuduhan melakukan kejahatan perang.
XS
SM
MD
LG