Tautan-tautan Akses

Pemberontak Kongo Berjanji akan Tinggalkan Goma


Pasukan pemberontak M23 berpatroli di sekitar Bank Sentral Goma, timur Congo (26/11).

Pasukan pemberontak M23 berpatroli di sekitar Bank Sentral Goma, timur Congo (26/11).

Rene Abandi, direktur hubungan luar M23, mengatakan bahwa pemimpin militer kelompok itu telah berjanji bahwa pasukannya akan meninggalkan Goma sesegera mungkin, Selasa (27/11).

Kelompok pemberontak Kongo M23 mengatakan akan menarik pasukannya dari kota Goma yang direbutnya, setelah pertemuan dengan para pemimpin angkatan bersenjata Uganda, Rwanda dan Republik Demokratik Kongo.

Rene Abandi, direktur hubungan luar M23, mengatakan kepada VOA hari Selasa bahwa pemimpin militer kelompok itu telah berjanji bahwa pasukannya akan meninggalkan Goma sesegera mungkin. Para pemberontak itu mengatakan tindakan tersebut tidak dilakukan di bawah tekanan, tetapi sebagai tanda kesediaan mereka untuk mengadakan pembicaraan dengan pemerintah.

Para pemimpin regional, termasuk Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila, menuntut agar M23 menarik diri dari Goma selambat-lambatnya Senin malam.

Pemberontak merebut kota Goma pekan lalu, dan sejak itu telah merebut kota Sake di bagian barat. Kelompok itu telah mengatakan pihaknya akan menumbangkan pemerintahan Kabila.
XS
SM
MD
LG