Tautan-tautan Akses

Pemberontak Komunis Filipina Serang Truk Tentara, 8 Tewas


Peta wilayah Filipina (Foto: dok).

Peta wilayah Filipina (Foto: dok).

Dua serangan pemberontak komunis di Filipina bagian selatan, Senin (21/10) menewaskan sedikitnya delapan tentara dan milisi, dan mencederai empat lainnya.

Juru bicara tentara, Letnan Nasrulah Sema mengatakan sekitar 50 pemberontak Laskar Rakyat Baru meledakkan sebuah ranjau dan menembaki sebuah truk tentara, menewaskan delapan tentara dan milisi di kota Tulunan, provinsi Cotabato Utara. Truk tentara itu sedang dalam perjalanan mengantarkan gaji milisi di sebuah pos pedesaan.

Sekitar satu jam kemudian, sebuah truk penuh tentara yang dikerahkan untuk mengejar para pelaku serangan itu melindas ranjau darat dan ditembaki gerilyawan Maois di kota Makilala, Cotabato Utara, menewaskan seorang tentara dan mencederai empat lainnya.

Karena perpecahan di dalam, kekalahan dalam pertempuran, dan banyak anggota gerilyawan yang menyerah, jumlah pemberontak Maois Filipina telah turun tajam dari sekitar 25 ribu pada pertengahan tahun 80an menjadi sekitar empat ribu.

Perundingan yang dimediasi Norwegia macet beberapa tahun yang lalu setelah pemerintah menolak tuntutan pemberontak bagi pembebasan gerilyawan yang meringkuk dalam penjara.
XS
SM
MD
LG