Tautan-tautan Akses

Pemberontak Filipina Bebaskan Kepala Kepolisian Zamboanga


Militer Filipina menyatakan pasukannya telah menyelamatkan 116 warga sipil yang disandera oleh pemberontak dalam 18 jam terakhir (17/9).
Militer Filipina menyatakan pasukannya telah menyelamatkan 116 warga sipil yang disandera oleh pemberontak dalam 18 jam terakhir (17/9).

Kepala kepolisian kota Zamboanga, Filipina, telah dibebaskan oleh pemberontak Muslim yang menangkapnya hari Selasa (17/9) pagi.

Pemerintah menyatakan Jose Chiquito Malayo kembali bersama dengan 23 pemberontak yang semula menangkapnya dan kini menyerahkan diri. Rincian lebih lanjut belum tersedia.

Militer menyatakan pasukannya telah menyelamatkan 116 sandera dalam 18 jam terakhir, dan merebut kembali sebagian besar wilayah pesisir yang baru-baru ini diduduki pemberontak Front Pembebasan Nasional Moro, MNLF.

Seorang jurubicara militer mengatakan pemberontak masih terlibat bentrokan dengan tentara di Zamboanga, Selasa. Ia mengatakan para pejabat masih belum pasti berapa orang yang masih disandera oleh pemberontak.

Pertempuran masih berlanjut di kawasan itu meski kesepakatan gencatan senjata telah dicapai Jumat lalu oleh Wakil Presiden Filipina Jejomar Binay dan pemimpin MNLF Nur Misuari. Perjanjian gencatan senjata tersebut seyogyanya mulai berlaku Sabtu pekan lalu.

Konfrontasi dimulai pekan lalu, sewaktu pemberontak menyerbu Zamboanga, menyandera sejumlah orang yang menurut para pejabat digunakan sebagai perisai manusia.

Recommended

XS
SM
MD
LG