Tautan-tautan Akses

Pemberontak DRC Ganti Pemimpin


Peminpin kelompok pemberontak Kongo, M23, Jean Marie Runiga, dalam suatu konferensi pers di Bunagana, Kongo (Foto: dok). Kelompok M23 menuduh Runiga melakukan pengkhianatan dan menggantinya dengan pemimpin sementara, enderal Sultani Makenga.

Kelompok pemberontak Kongo M23 telah mengganti pemimpin Jean-Marie Runiga, menuduhnya melakukan pengkhianatan, pencurian dan penipuan.

Kelompok itu mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Runiga mengizinkan Bosco Ntaganda, mantan jenderal Kongo, mempengaruhi keputusan tingkat tinggi dan menciptakan keresahan diantara para pemberontak. Mereka mengatakan Runiga juga tidak mampu melaksanakan tujuan politik kelompok itu.

Bertrand Bisimwa, jurubicara politik M23, mengukuhkan perubahan kepemimpinan itu kepada VOA, dan mengatakan Runiga barangkali telah melarikan diri untuk bergabung dengan Ntaganda.

Sedikitnya delapan orang tewas dalam pertempuran Minggu malam. Menurut keterangan beberapa sumber pertempuran itu berlangsung antara para pendukung setia pimpinan militer M23 Jenderal Sultani Makenga dengan para pendukung pemimpin lain.

Para pemberontak telah mengangkat Makenga sebagai pemimpin sementara mereka yang baru.

Pernyataan Rabu malam itu mengatakan para pemberontak ingin melanjutkan upaya-upaya perdamaian ditengah-tengah “tanda-tanda positif” dari masyarakat nasional dan internasional.
XS
SM
MD
LG