Tautan-tautan Akses

Pemberontak di Pantai Gading Rebut Satu Kota Lagi


Bentrokan-bentrokan kembali marak belakangan ini setelah Alassane Ouattara kembali ke Pantai Gading dari pertemuan Uni Afrika di Ethiopia.

Bentrokan-bentrokan kembali marak belakangan ini setelah Alassane Ouattara kembali ke Pantai Gading dari pertemuan Uni Afrika di Ethiopia.

Pihak pemberontak pro-Alassane Outtara menyatakan mereka kini telah merebut empat kota di bagian barat Pantai Gading dari pasukan pemerintah.

Pemberontak yang bersekutu dengan Presiden Pantai Gading yang diakui dunia internasional, Alassane Ouattara, telah merebut satu kota lagi di bagian barat dari tentara pendukung Presiden Laurent Gbagbo yang berkuasa saat ini.

Juru bicara dari kedua pihak menyatakan para pejuang Kekuatan Baru yang pro-Ouattara telah merebut kota Doke dari tentara pendukung Gbagbo, yang menolak menyerahkan kekuasaan setelah kalah dalam pemilihan presiden November lalu.

Pihak pemberontak menyatakan mereka kini menguasai empat kota di bagian barat Pantai Gading.

Ouattara kembali ke Pantai Gading Sabtu larut malam dari konferensi perdamaian Uni Afrika di Ethiopia, dengan mengabaikan tekad Gbagbo bahwa Outtara tidak akan dibiarkan kembali ke negara tersebut jika ia meninggalkannya.

Uni Afrika bergabung bersama dengan PBB dan sebagian besar negara lain dalam mengakui Ouattara sebagai pemenang pemilu November. Gbago bersikeras bahwa ia memenangkan pemilu tersebut.

Seorang penasihat utama Gbagbo menyebut pengakuan Uni Afrika terhadap jabatan kepresidenan Outtara sama sekali tidak dapat diterima.

XS
SM
MD
LG