Tautan-tautan Akses

Pembatasan Dihapus, Kuba Hanya Dapat Jual 50 Mobil dalam 6 Bulan


Mobil antik yang banyak berseliweran di Havana, Kuba. (Foto: Dok)

Mobil antik yang banyak berseliweran di Havana, Kuba. (Foto: Dok)

Aturan baru menghapuskan pembatasan pembelian otomotif yang telah berlaku setengah abad, namun harganya sangat tinggi sehingga hanya sedikit orang yang mampu membeli.

Para penjual otomotif di Kuba menjual 50 mobil dan empat sepeda motor di seluruh negeri dalam enam bulan pertama tahun ini berdasarkan undang-undang baru yang menghapuskan pembatasan untuk pembelian otomotif untuk pertama kalinya dalam setengah abad, namun harganya sangat tinggi sehingga hanya sedikit orang yang mampu membeli.

Masyarakat Kuba yang telah frustrasi sejak lama menyambut aturan tersebut yang berlaku mulai Januari sampai mereka melihat tanda harga yang didongkrak 400 persen atau lebih, membuat harga sedan keluarga seperti mobil sports.

Kuba mengatakan akan menginvestasikan 75 persen dari hasil penjualan mobil baru untuk sistem transportasi publik.

Namun penjualan total dari 11 toko nasional hanya mencapai US$1,28 juta dalam enam bulan pertama tahun ini, menurut laman resmi Cubadebate.com Senin (30/6), mengutip Iset Vazquez, wakil presiden perusahaan negara Corporacion CIMEX.

Sebelumnya, warga Kuba telah meminta otorisasi dari pemerintah untuk membeli dari peritel negara, yang menjual kendaraan baru dan bekas, biasanya mobil bekas disewa.

Sebagian besar penjualan tahun ini kelihatannya lebih banyak merupakan mobil bekas mengingat harga rata-rata adalah $23.759 per kendaraan, termasuk sepeda motor.

Harga tersebut memicu protes dari masyarakat. Sebagian besar pegawai negeri hanya berpenghasilan $20 per bulan. Harga yang menjulang itu juga diprotes oleh pengusaha asing dan investor potensial, yang memerlukan izin pemerintah untuk mengimpor mobil baru atau bekas tanpa peningkatan harga yang besar.

Kuba baru berangsur-angsur melonggarkan pasar otomotifnya. Pada 2011, negara itu mulai mengizinkan warga membeli dan menjual mobil bekas dari satu sama lain. Sebelumnya, hanya mobil-mobil yang ada di Kuba sebelum revolusi 1959 yang dapat bebas dibeli dan dijual, sehingga banyak sekali kendaraan buatan AS 1950-an berseliweran di jalan.(Reuters)

XS
SM
MD
LG