Tautan-tautan Akses

Perempuan Pembangkang Terkemuka Kuba Meninggal Dunia


Laura Pollan, pembangkang terkemuka Kuba meninggal pada usia 63 tahun.

Laura Pollan, pembangkang terkemuka Kuba meninggal pada usia 63 tahun.

Laura Pollan, pendiri kelompok aktivis 'Wanita Berpakaian Putih', meninggal dunia pada usia 63 tahun di rumah sakit Havana.

Salah seorang pembangkang terkemuka Kuba, Laura Pollan, telah meninggal dunia pada usia 63 tahun. Para anggota kelompok aktivis yang didirikan Polland, Wanita Berpakaian Putih, mengatakan dia meninggal hari Jumat di rumah sakit Havana.

Pollan dimasukkan ke rumah sakit tanggal 7 Oktober karena menderita gangguan pernafasan. Mantan guru itu menjadi salah seorang pembangkang terkemuka Kuba tahun 2003 setelah suaminya dan 74 orang penentang pemerintah lainnya ditahan dalam penindakan terhadap para pembangkang.

Segera setelah penangkapan itu, Pollan dan isteri-isteri pembangkang lain yang ditahan mulai berpawai setiap hari Minggu di Havana, dengan mengenakan pakaian putih dan membawa bunga untuk menuntut pembebasan suami mereka.

Tahun 2005, Uni Eropa menghormati kelompok itu dengan menganugerahkan Hadiah Sakharov hak azasi manusia untuk Kebebasan Berpikir.

Sebelum tahun 2010, semua pembangkang yang ditahan dalam penindakan pemerintah dibebaskan dari tahanan, tetapi kelompok “Wanita Berpakaian Putih” terus mengadakan pawai untuk melakukan protes terhadap pemerintah Kuba.

XS
SM
MD
LG