Tautan-tautan Akses

Pembagian Bantuan Dinilai Tidak Adil, Tolikara Kembali Panas


Wilayah Karubaga, Tolikara, Papua (foto: Wikipedia)

Wilayah Karubaga, Tolikara, Papua (foto: Wikipedia)

Sedikitnya satu orang tewas, tujuh luka parah, dan 15 luka ringan akibat kerusuhan di Tolikara. Kerusuhan dipicu oleh bantuan dana antar distrik yang dinilai tidak adil sehingga kembali memanaskan situasi di Tolikara.

Pembagian bantuan dana antar distrik yang dinilai tidak adil, kembali memanaskan situasi di Tolikara, Papua sejak pekan lalu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Tolikara mengatakan sedikitnya satu orang tewas, tujuh luka parah dan 15 lainnya luka ringan dalam konflik selama hampir dua minggu ini. Belum termasuk terbakarnya 95 rumah, kerusakan hasil pertanian, penjarahan ternak dan kehilangan harta benda.

Dalam pernyataan pers yang diterima VOA Minggu siang (24/4), konflik sosial ini pecah di distrik Gika dan distrik Pangea, kabupaten Tolikara, propinsi Papua. Tim BPBD Tolikara, SKPD, TNI dan Polri telah berada di lokasi konflik guna mendamaikan kedua pihak. Tetapi dendam lama diantara kedua distrik membuat kondisi memanas.

Sejumlah warga dikabarkan mengungsi ke daerah lain yang lebih aman di sekitar kedua distrik itu, menunggu membaiknya situasi di kedua distrik yang berkonflik. Namun lokasi daerah yang sulit dijangkau kendaraan roda empat menyulitkan BPBD Tolikara memberikan bantuan kepada para pengungsi. Menurut rencana bantuan akan diberikan melalui pesawat terbang atau helikopter hari Senin (25/4).

XS
SM
MD
LG