Tautan-tautan Akses

Pemantau Liga Arab Bertolak Menuju Pusat Demonstrasi di Suriah


Tim Pemantau Liga Arab untuk Suriah (Foto: dok).

Tim Pemantau Liga Arab untuk Suriah (Foto: dok).

Sejumlah pemantau Liga Arab dalam perjalanan menuju pusat aksi-aksi protes oposisi di kota Homs, Suriah, di mana para aktivis HAM mengatakan pasukan keamanan pemerintah gencar melancarkan serangan mereka dalam beberapa hari belakangan ini.

Ketua misi Liga Arab, Jenderal Mohammed Dabi, dari Sudan, hari Selasa mengatakan para pemantau sedang dalam perjalanan menuju Homs, sementara para aktivis hak asasi melaporkan sejumlah tank pemerintah ditarik mundur dari kota itu.

Organisasi-organisasi hak asasi sebelumnya mendesak para pemantau agar mengunjungi Hom secepatnya setelah pasukan keamanan menewaskan sekurang-kurangnya 30 orang di sana hari Senin.

Lima puluh pemantau dan 10 pejabat liga lainnya tiba di Suriah dari Mesir hari Senin untuk mengamati pemenuhan janji oleh pemerintah Presiden Bashar al-Assad bahwa pemerintah itu akan menarik mundur tank-tank dan pasukannya dari kota-kota dan membebaskan tahanan politik.

Liga Arab mengatakan para pemantau dari sedikitnya delapan negara Arab akan mengunjungi beberapa kota di Suriah hari Selasa, termasuk Homs, Idlib, Hama dan Daraa.

XS
SM
MD
LG