Tautan-tautan Akses

Peluncuran Smartwatch Apple Tidak Besar-Besaran


Apple Watch berlapis emas di gerai Apple di Berlin, 10 April 2015. (Foto: dok.)

Apple Watch berlapis emas di gerai Apple di Berlin, 10 April 2015. (Foto: dok.)

Apple Watch akan diluncurkan tanpa banyak kehebohan tidak seperti yang biasa Apple lakukan untuk produknya yang lain. Hal ini mungkin merupakan ketidakpastian tentang kepopuleran produk terbaru Apple Inc. di bawah pimpinan Tim Cook.

Apple belum mengumumkan berapa banyak pesanan yang mereka terima sebelum produk itu diluncurkan, jauh berbeda dengan peluncuran produk-produk sebelumnya seperti iPhone dan iPad. Dan toko-toko Apple tidak akan menjual Apple Watch pada hari Jumat (24/4), walaupun beberapa toko yang menjual barang-barang mewah di seluruh dunia akan menjualnya.

Apple tidak yakin apakah Apple watch akan mengundang antrian panjang di toko mereka seperti yang sering dilihat ketika iPhone baru diluncurkan, kata Gene Munster, seorang analis dari Piper Jaffray.

"Tunggu bagaimana penerimaan pasar"

"Peluncuran yang tidak besar-besaran bisa memberikan kesempatan pada Apple untuk melihat bagaimana penerimaan pasar terhadap produk tersebut, dan akan mengurangi harapan dan resiko terhadap produk tersebut," kata Munster. "Kalau mereka meluncurkan dengan besar-besaran dan produknya tidak bagus, itu menjadi masalah.''

Permintaan untuk produk tersebut ternyata lebih baik daripada yang diharapkan, menurut Munster, yang memperkirakan lebih dari 2 juta jam akan terjual hingga akhir Juni. Analis senior FBR Capital Markets, Daniel Ives meningkatkan perkiraannya pada tahun 2015 dari 17 juta menjadi 20 juta, berdasarkan pemesanan online yang ada.

"Ada keraguan tentang apakah permintaan pasar untuk gadget Apple yang bisa dipakai memang ada,'' kata Ives. "Tapi ternyata memang ada.''

Sekarang Apple dihadapkan dengan pertanyaan apakah orang-orang akan memenuhi gerai Apple pada hari Jumat (24/4).

"Banyak konsumen yang pergi ke gerai Apple pada hari Jumat, untuk membeli jam," kata Ives.

Apple sendiri mengatakan beberapa konsumen akan mendapatkan jam itu lebih cepat daripada yang dijanjikan. "Tim kami bekerja untuk memenuhi pesanan secepat mungkin berdasarkan stok yang ada dan kapan pesanan diterima," kata Apple pada hari Rabu (22/4).

38 jenis

Apple memilih untuk mempermudah pemesanan online karena menghadapi logistik yang sulit untuk jam: Ada 38 jenis yang harus mereka stok, dengan berbagai ukuran, gaya dan tali, dan harga yang berkisar dari $349 untuk model "Sport" sampai $10,000 untuk model Edition emas.

Jam yang dijual hari Jumat (24/4) hanya tersedia di beberapa butik kelas atas dan toserba yang digandeng Apple untuk memposisikan Apple Watch sebagai produk fesyen.

The Corner di Berlin, Maxfield di Los Angeles dan Dover Street Market di Tokyo dan London menuliskan di website mereka bahwa Apple Watch akan tersedia di toko pada hari Jumat (24/4). Maxfield akan dibuka dua jam lebih awal dan bersiap-siap untuk menghadapi pembeli.

Apple sepertinya akan menggunakan sistem pemesanan untuk menyempurnakan pengalaman bagi konsumen dengan memberikan perhatian yang lebih di toko dan menambahkan app sebelum musim liburan datang, kata Shannon Cross, seorang analis di Cross Research.

"Mereka melihat kesempatan ini dari sudut pandang jangka panjang dan ingin memastikan produk baru ini sukses," kata Cross. "Banyak smartwatch di pasaran yang akhirnya menganggur di rak.''

XS
SM
MD
LG