Tautan-tautan Akses

Peluncuran Pesawat Antariksa Endeavor Ditunda


Para awak 'STS-134' yang akan menjalankan misi berpose di depan pesawat antariksa Endeavor, Kamis (28/4).

Para awak 'STS-134' yang akan menjalankan misi berpose di depan pesawat antariksa Endeavor, Kamis (28/4).

Peluncuran ditunda sampai setidaknya hari Senin karena ada masalah pada salah satu unit pembangkit tenaga tambahan pesawat Endeavor.

Peluncuran misi terakhir pesawat ulang alik antariksa Amerika yang sudah ditunggu-tunggu ditunda sampai setidaknya hari Senin karena ada masalah pada salah satu unit pembangkit tenaga tambahan pesawat itu.

Badan antariksa Amerika mengumumkan penundaan itu sesaat menjelang peluncuran pesawat ulang alik Endeavour yang dijadwalkan hari Jumat.

Direktur peluncuran Mike Leinbach mengatakan peluncuran itu ditunda untuk memberi kesempatan beberapa hari agar para teknisi mengatasi masalah itu.

NASA mengatakan masalah tampaknya terletak pada kabel listrik untuk menyalakan pemanas yang diperlukan guna mencegah unit tenaga tambahan itu membeku selagi pesawat berada di orbit.

NASA memperkirakan sekitar 750 ribu penonton berada dekat Kennedy Space Center, lokasi peluncuran di negarabagian Florida, untuk menyaksikan peluncuran itu, termasuk Presiden Amerika Barack Obama, istrinya Michelle dan dua anaknya.

Obama dan keluarganya tetap mengunjungi fasilitas itu hari Jumat dan bertemu awak Endeavour, setelah meninjau langsung negarabagian Alabama yang dilanda badai.

Presiden Obama juga bertemu anggota kongres Amerika Gabrielle Giffords, istri komandan penerbangan Endeavour Mark Kelly. Giffords sudah mulai pulih akibat penembakan yang nyaris fatal di Arizona bulan Januari. Ia diharapkan akan menyaksikan peluncuran pesawat ulang-alik itu di tempat tersendiri di Kennedy Space Center.

XS
SM
MD
LG