Tautan-tautan Akses

Peluncuran Discovery Ditunda, Paling Cepat 3 Desember


NASA menunda peluncuran pesawat ulang alik Discovery karena kebocoran hidrogen pada tangki luar pesawat.

NASA menunda peluncuran pesawat ulang alik Discovery karena kebocoran hidrogen pada tangki luar pesawat.

NASA membatalkan peluncuran Discovery 5 November lalu, setelah mendapati kebocoran hidrogen di tangki luar bahan bakar pesawat.

Badan antariksa Amerika atau NASA mengatakan, peluncuran terakhir pesawat ulang-alik Discovery ditunda hingga baru bisa dilakukan paling cepat pada tanggal 3 Desember, untuk memberi lebih banyak waktu bagi usaha perbaikan.

NASA membatalkan peluncuran Discovery tanggal 5 November setelah mendapati adanya kebocoran hidrogen di tangki luar bahan bakar pesawat ulang-alik itu. Kemudian, tim NASA juga menemukan adanya retakan pada insulasi berbahan busa.

Enam awak pada Discovery seharusnya mengirim modul final bagi bagian Amerika di Stasiun Antariksa Internasional. Pesawat ulang-alik ini juga akan mengangkut robot seperti manusia pertama di dunia, Robonaut 2, ke antariksa selama misi 11 hari itu.

Misi itu akan menjadi penerbangan Discovery ke-39 dan terakhir sepanjang 26 tahun sejarah operasinya. NASA akan mengistirahatkan armada ulang-alik itu tahun depan, sehingga mengakhiri program berusia 30 tahun itu.

XS
SM
MD
LG