Tautan-tautan Akses

Pele: Brazil Belum Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2014


Legenda sepakbola dari Brazil, Pele.

Legenda sepakbola dari Brazil, Pele.

Menurut Pele, organisasi yang kacau ditambah komunikasi yang sulit termasuk di antara masalah besar yang dihadapi negaranya menghadapi Piala Dunia.

Bintang sepakbola Brazil dan tiga kali pemenang Piala Dunia, Pele mengatakan Brazil belum siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Keterangan ini diucapkannya pada media di stadion Beira Rio awal Oktober.

Menurutnya, organisasi yang kacau ditambah komunikasi yang sulit termasuk di antara masalah besar yang dihadapi negaranya dalam mempersiapkan diri menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia. "Brazil belum siap," tegas Pele.

Di samping kekhawatiran yang dikemukakan bekas pesepakbola ini, ia tetap yakin semua bakal berjalan lancar apabila turnamen sudah dimulai. Ia mengatakan dirinya sekarang bekerja langsung dengan Presiden Brazil, Dilma Rousseff membantu Presiden melakukan yang sebaik-baiknya dalam membenahi organisasi. Presiden Rousseff bulan Juli lalu mengangkat Pele sebagai Duta Besar Kehormatan bagi Piala Dunia.

Saat itu, Pele melancarkan kritikan atas kelambatan dan penundaan yang terjadi dalam membangun stadion serta infrastruktur. Laporan terbaru pemerintah tentang persiapan yang dilakukan mengatakan sampai bulan September pekerjaan memugar lima dari 13 bandar udara masih belum dimulai. Tujuh dari 12 kota yang bakal jadi tuan-rumah juga belum memulai pekerjaan infrastruktur dan baru sembilan dari 50 proyek transportasi yang sedang kerjakan.

Menteri Olahraga Orlando Silva mundur karena tuduhan korupsi. Kementerian Olahraga menegaskan, Brazil tengah melakukan semua yang perlu bagi Piala Dunia dan tidak ada tanda-tanda batas waktu untuk itu tidak bakal terpenuhi.

XS
SM
MD
LG