Tautan-tautan Akses

Pelawak Guatemala Pimpin Perolehan Suara Pilpres


Pelawak bernama Jimmy Morales memimpin perhitungan sementara hasil pemilihan presiden di Guatemala (foto: dok).

Pelawak bernama Jimmy Morales memimpin perhitungan sementara hasil pemilihan presiden di Guatemala (foto: dok).

Seorang pelawak bernama Jimmy Morales kemungkinan akan menjadi presiden Guatemala mendatang.

Menurut hasil perhitungan pendahuluan, Jimmy Morales, seorang aktor komedi dan tokoh baru di dunia politik, memimpin perolehan suara dalam persaingan antara tiga kandidat.

Namun, karena hampir dipastikan tidak ada pemenang mutlak, pemilu presiden hari Minggu kemungkinan akan dilanjutkan dengan pemilu presiden babak kedua.

Dengan setengah jumlah suara telah dihitung, Morales meraih 26 persen suara. Slogan kampanyenya, “Tidak Ada Koruptor, Tidak Ada Pencuri” disukai para pendukungnya setelah skandal korupsi mengguncang Guatemala akhir pekan lalu, yang berakhir dengan pengunduran diri Presiden Otto Perez Molina.

Setelah memberikan suaranya hari Minggu, Morales mengatakan, “Saya menanam cinta di tanah air saya, dan saya kini memanen cinta itu.”

Pengusaha konservatif Manuel Baldizon mengekor Morales dengan 18 persen suara, sementara mantan ibu negara Sandra Torres meraih 17 persen suara.

Pemilu yang dilangsungkan hari Minggu ditujukan untuk memilih presiden, anggota Kongres, dan pejabat pemerintah daerah untuk masa jabatan empat tahun yang dimulai tahun 2016. Sebelum terpilih presiden baru, mantan wakil presiden Alejandro Maldonado akan memimpin Guatemala.

XS
SM
MD
LG