Tautan-tautan Akses

Pelatih Tim Rugby Selandia Baru Terima Gelar Kebangsawanan


Pelatih Rugby All Blacks Selandia Baru, Graham Henry mengangkat Piala Dunia Rugby 'Webb Ellis' dalam sebuah parade di Auckland (foto:dok).

Pelatih Rugby All Blacks Selandia Baru, Graham Henry mengangkat Piala Dunia Rugby 'Webb Ellis' dalam sebuah parade di Auckland (foto:dok).

Pelatih tim Rugby All Blacks peraih piala dunia, Graham Henry, dianugerahi gelar kebangsawanan dalam penghargaan tahunan Selandia Baru yang diberikan setiap tahun baru. Selandia Baru masih merayakan gelar juara dunia pertamanya dalam 24 tahun.

Mantan guru sekolah berusia 65 tahun itu mengundurkan diri sebagai pelatih tim All Blacks setelah final Piala Dunia bulan Oktober, kini Sir Graham Henry dan sejumlah mantan pemain atau pelatih akan menerima salah satu penghargaan tertinggi Selandia Baru.

Martin Snedden, mantan pemain kriket yang mengepalai perusahaan yang menyelenggarakan Piala Dunia, mendapat penghargaan Companion of the New Zealand Order of Merit, satu tahap di bawah gelar kebangsawanan.

Kapten tim All Blacks, Richie McCaw juga dihubungi Perdana Menteri Selandia Baru John Key dan ia menawarkan gelar kebangsawanan kepadanya namun ditolak, katanya usianya masih 30 tahun dan paling tidak masih memiliki kontrak dua tahun dengan tim All Blacks, menurutnya terlalu cepat menyandang gelar Sir Richie .

Tim Selandia Baru tidak terkalahkan dalam Piala Dunia Rugby bulan September dan Oktober, mengalahkan Perancis 8-7 dalam pertandingan final menegangkan yang memenangkan Piala Webb Ellis untuk pertama kalinya sejak tahun 1987 ketika menjadi tuan rumah perdana untuk turnamen itu.

Henry menjadi pahlawan nasional karena memimpin tim All Blacks merebut Piala Dunia, meskipun ia banyak dikritik empat tahun sebelumnya ketika tim Selandia Baru yang dilatihnya kalah dari tim Perancis di perempat final Piala Dunia sebelumnya. Itu adalah pertama kalinya tim Selandia Baru tersingkir lebih awal dalam Piala Dunia dan Henry dianggap beruntung masih bisa mempertahankan pekerjaannya.

XS
SM
MD
LG