Tautan-tautan Akses

Pelari Uganda Kiprotich Raih Emas Maraton Olimpiade


Pelari Uganda Stephen Kiprotich merayakan kemenangan setelah menyelesaikan lomba lari maraton hari Minggu (12/8).

Pelari Uganda Stephen Kiprotich merayakan kemenangan setelah menyelesaikan lomba lari maraton hari Minggu (12/8).

Hari terakhir pertandingan Olimpiade 2012 sedang berlangsung, dengan pelari Uganda Stephen Kiprotich memenangkan medali emas kejutan di nomor maraton putra.

Perlombaan hari Minggu ini diharapkan menjadi arena konfrontasi antara pelari Kenya dan Ethiopia. Tapi Kiprotich melesat ke depan pada km ke 37 untuk memimpin sampai akhir perlombaan.

Dia menyelesaikan lomba itu dengan waktu dua jam, delapan menit, dan satu detik, 26 detik di depan peraih medali perak Abel Kirui dari Kenya. Pelari Kenya lainnya, Wilson Kipsang Kiprotich, memenangkan perunggu (dengan waktu 2:09.37).

Pelari Amerika Mebrahtom Keflezighi, yang lahir di Eritrea, duduk di posisi ke empat (dengan waktu 2:11:06).

Juga hari Minggu ini, tim basket Amerika yang dijuluki Dream Team akan berusaha merebut medali emas lagi saat menghadapi Spanyol, yang dikalahkan Amerika dalam final Olimpiade Beijing tahun 2008.

Pentathlon putri merupakan nomor terakhir yang akan dipertandingkan dalam pesta olahraga akbar selama 17 hari itu.

Setelah kompetisi hari Sabtu, Amerika terhitung sebagai peraih medali emas terbanyak dengan 44 medali emas, sekaligus menempati posisi teratas dalam perolehan medali dengan 102 medali.

Tiongkok merebut 38 medali emas dan 87 medali secara keseluruhan. Rusia menempati urutan ketiga dalam perolehan medali secara keseluruhan, sementara Inggris urutan keempat. Meski demikian, Inggris memiliki lebih banyak medali emas dibanding Rusia.
XS
SM
MD
LG