Tautan-tautan Akses

Pelanggaran HAM Suriah Picu Kegusaran di PBB


Pimpinan HAM PBB, Navi Pillay akan membahas kekerasan di Suriah dengan DK PBB, Kamis (18/8).

Pimpinan HAM PBB, Navi Pillay akan membahas kekerasan di Suriah dengan DK PBB, Kamis (18/8).

Pimpinan HAM PBB Navi Pillay, Kamis (18/8) diperkirakan akan meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengajukan Suriah ke Mahkamah Kejahatan Internasional.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad bahwa dia gusar mendengar laporan tentang penggunaan kekuatan militer yang berlebihan oleh pasukan keamanan pemerintah terhadap warga Suriah dan berlanjutnya pelanggaran HAM yang meluas.

Ban berbicara melalui telepon hari Rabu dengan Assad, yang mengatakan agar operasi militer dan kepolisian segera dihentikan.

Juru bicara pimpinan PBB itu mengatakan Ban menyerukan agar PBB melakukan penyelidikan independen mengenai kekerasan tersebu di Suriah dan memintah pemerinta Suriah bekerja-sama dengan kantor HAM PBB.

Dewan Keamanan PBB hari Kamis akan mendengar dari pimpinan HAM PBB Navi Pillay, yang diperkirakan akan meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengajukan Suriah ke Mahkamah Kejahatan Internasional.

Juru bicara Ban mengatakan Assad juga berjanji akan melakukan beberapa perubahan dalam beberapa bulan mendatang, termasuk merevisi undang-undang dasar negara itu dan mengadakan pemilihan parlemen.

XS
SM
MD
LG