Tautan-tautan Akses

Pelamar Lowongan Kerja Online di Nigeria Dapat Pesan Error


Warga Nigeria mencoba mengakses internet di Lagos (foto: ilustrasi).

Warga Nigeria mencoba mengakses internet di Lagos (foto: ilustrasi).

Pemerintah Nigeria meluncurkan program perekrutan lewat internet untuk menawarkan kesempatan pelatihan dan pekerjaan bagi anak-anak muda. Program tersebut disambut antusias dan frustrasi dari pengguna yang berusaha mengakses situs tersebut.

Pemerintah Nigeria sedang melakukan perekrutan. Nigeria meluncurkan perekrutan online, N-Power bulan ini dan mengatakan akan merekrut setengah juta lulusan universitas untuk bekerja di seluruh negeri dalam berbagai sektor, terutama kesehatan, pendidikan dan pertanian.

Situs itu juga mengiklankan pekerjaan magang bagi yang non pasca sarjana di bidang seperti animasi dan teknologi. Tapi pelamar mengatakan ada masalah dalam perekrutan itu. Situs itu terus mengalami gangguan.

"Saya mengalami beberapa kesulitan. Sudah tiga hari lebih setiap kali saya login, saya menghadapi masalah error. Bahkan saya berfikir mungkin situs ini tidak benar," kata Usman Mohammed.

Mohammed, yang berusia 25 tahun, punya gelar S2 dalam manajemen lingkungan, ternyata ia mendapat alamat situs yang benar N-Power.gov.ng. Ia kembali ke situs itu dan..

Ia menambahkan, "Masalahnya tetap sama. Tapi mungkin kalau saya mencoba lagi hari ini, saya termasuk orang yang beruntung bisa mengakses situs ini."

Kadangkala mengklik tautan pendaftaran memunculkan pesan error kali lainnya tautan pendaftaran itu malah tidak ada sama sekali.

Coba lagi beberapa menit kemudian. Itu saran tim N-Power lewat pesan Twitter resminya. Tapi 24 persen pengguna yang merespon sebuah survey minggu lalu mengatakan mereka tidak bisa menyerahkan lamaran.

Biro Statistik Nasional mengatakan sekitar 1/5 warga Nigeria di bawah usia 34 tahun adalah pengangguran.

Ramainya pengunjung situs menunjukkan haus kesempatan di negara paling padat di Afrika itu tapi sebagian masih skeptis.

Bulus Mungopark yang tinggal di kota Maiduguri mengatakan, "Ya saya skeptis mengenai hal itu karena selama bertahun-tahun ini, tidak ada yang menunjukkan Nigeria siap mempekerjakan anak muda."

Pemerintah Nigeria mengatakan 400 ribu warga Nigeria mendaftar pada N-Power dalam 36 jam pertama. Dan situs itu telah mendapat 35 juta pengunjung, berjejalan di internet.

Skema perekrutan pemerintah sebelumnya telah menyebabkan orang terinjak-injak.

Tahun 2014, tujuh orang tewas ketika puluhan ribu warga Nigeria memadati stadion nasional di ibukota Abuja untuk melamar pekerjaan di departemen imigrasi. Tahun 2008 pada latihan perekrutan pekerjaan lainnya, 12 orang tewas. [my/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG