Tautan-tautan Akses

Pelaku Percobaan Bom New York Mengaku Bersalah


Faisal Shahzad, warga AS kelahiran Pakistan berusia 30 tahun, mengaku bersalah atas semua tuduhan.

Lelaki kelahiran Pakistan yang dituduh berusaha meledakkan bom mobil namun gagal di Times Square New York bulan lalu mengaku bersalah atas semua tuduhan.

Faisal Shahzad memberi pengakuan itu hari Senin dalam sidang pembacaan tuduhan di pengadilan Manhattan. Ia dikenai 10 tuduhan terkait penggunaan senjata dan terorisme, termasuk percobaan menggunakan senjata pemusnah massal.

Jaksa menuduh Shahzad, warga Amerika berusia 30 tahun, mendapat latihan bahan peledak dari kelompok Taliban Pakistan yakni Tehrik-e-Taliban di kawasan kesukuan Waziristan Pakistan Barat, dan menerima dana dari orang-orang yang ia yakini sebagai anggota kelompok itu.

Terdakwa ditangkap 3 Mei setelah penegak hukum mengkaitkannya dengan sebuah mobil berisi bom rakitan yang diparkir di Times Square.

Shahzad berhasil dilacak dan dikeluarkan dari sebuah pesawat yang sudah siap lepas landas di New York menuju Dubai. Jika terbukti, Shahzad bisa dihukum seumur hidup.

Pihak berwenang Pakistan telah menangkap beberapa orang sejak percobaan ledakan itu. Tapi belum ada yang dikenai tuduhan secara resmi.

XS
SM
MD
LG