Tautan-tautan Akses

Pelaku Pembantaian Massal Norwegia Sangkal Bersalah


Anders Behring Breivik saat tiba di pengadilan Oslo, Norwegia (16/4). Breivik mengatakan tindakannya dilakukan untuk membela diri.

Anders Behring Breivik saat tiba di pengadilan Oslo, Norwegia (16/4). Breivik mengatakan tindakannya dilakukan untuk membela diri.

Anders Behring Breivik mengatakan kepada pengadilan bahwa ia mengakui tindakan membunuh 77 orang pada 22 Juli tahun lalu, namun menyatakan diri tidak bersalah.

Militan sayap kanan Norwegia yang mengaku membunuh 77 orang dalam serangan Juli lalu telah mengaku tidak bersalah di pengadilan atas tuduhan teror dan pembunuhan, dengan mengatakan ia bertindak demikian untuk membela diri.

Setelah menolak dakwaan pengadilan, hari Senin, Anders Behring Breivik mengaku meledakkan bom mobil di Oslo dan melakukan penembakan massal di sebuah kamp pemuda yang diadakan partai Buruh yang berkuasa di pulau Utoya, di luar ibukota, pada 22 Juli.

Breivik mengatakan kepada pengadilan bahwa ia mengakui tindakannya tersebut namun ia menyatakan diri tidak bersalah.

Pernyataan itu dilontarkan setelah jaksa Inga Bejer Engh selama lebih dari satu jam membacakan dakwaan, termasuk di antaranya aksi teror, dan menyebutkan satu per satu korban serta bagaimana mereka tewas. Delapan orang tewas dalam pengeboman di Oslo dan 69 lainnya ditembak mati di kamp pemuda.

Breivik mengatakan ia membela Norwegia dari multikulturalisme dan pengambilalihan oleh Muslim. Ekstremis anti-Islam itu mengaku menarget gedung-gedung pemerintah di Oslo dan kamp pemuda untuk menyerang kekuatan politik berhaluan kiri yang ia tuding bersalah mengizinkan imigrasi di Norwegia.
XS
SM
MD
LG