Tautan-tautan Akses

Pekerja Yunani Kembali Lakukan Aksi Mogok


Layanan bus, kereta api dan trem terhenti di Athena, sementara para jurnalis Yunani menghentikan penyiaran radio dan televisi.

Para pekerja Yunani mogok kerja lagi di seluruh negara itu untuk memprotes kebijakan ekonomi pemerintah yang keras.

Dua serikat buruh terbesar di Yunani, GSEE di sektor swasta dan ADEDY di sektor publik, menyerukan aksi mogok 24 jam. Mogok kerja itu yang kelima sejak Februari. Kedua serikat buruh itu mewakili sekitar separuh dari 5 juta tenaga kerja di Yunani.

Layanan bus, kereta api dan trem terhenti di Athena, sementara para jurnalis Yunani menghentikan penyiaran radio dan televisi. Rumah sakit di seluruh Yunani beroperasi dengan staf darurat.

Sementara itu, ketegangan meningkat di Piraeus, pelabuhan terbesar Yunani. Anggota serikat buruh PAME yang berafiliasi dengan partai Komunis menghadang para penumpang menaiki kapal, walaupun pengadilan menetapkan bahwa aksi mogok itu ilegal.

Protes terbaru itu kecil dibanding ribuan orang yang memenuhi jalan-jalan di Athena bulan lalu. Rapat umum 5 Mei dihadiri puluhan ribu orang dan berakhir dengan kematian 3 pegawai bank di dalam gedung yang dibakar.

XS
SM
MD
LG