Tautan-tautan Akses

Pekerja Spanyol Protes Langkah-Langkah Penghematan


Ribuan pekerja Spanyol melakukan aksi unjuk rasa menentang langkah-langkah penghematan oleh pemerintah di Madrid, Senin (16/7).

Ribuan pekerja Spanyol melakukan aksi unjuk rasa menentang langkah-langkah penghematan oleh pemerintah di Madrid, Senin (16/7).

Para pekerja Spanyol memprotes rencana pemerintah untuk menerapkan langkah-langkah penghematan baru yang akan memotong upah mereka.

Ribuan orang membanjiri jalan-jalan Madrid Minggu malam dalam protes spontan yang dipicu oleh panggilan dari situs-situs jejaring sosial. Sekelompok kecil pemadam kebakaran, polisi dan pegawai pemerintah lainnya berbaris lagi pada hari Senin untuk menentang rencana 80 miliar dolar yang diungkapkan minggu lalu oleh Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy.

Para pekerja akan kehilangan satu dari 14 gaji tahunan mereka, yang biasanya dibayarkan tepat sebelum liburan Natal pada bulan Desember. Para demonstran berteriak, "Angkat tangan, ini penodongan."

Salah seorang pemadam kebakaran mengatakan langkah-langkah penghematan itu secara tidak adil akan memukul seperempat tenaga kerja Spanyol yang menganggur, serta pegawai negeri sipil.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional mengatakan pihaknya memproyeksikan resesi Spanyol akan terus berlanjut sampai tahun depan. Tiga bulan lalu, IMF memperkirakan perekonomian Spanyol akan tumbuh sedikit pada tahun 2013, tapi sekarang menyatakan akan menciut 1,5 persen tahun ini dan tambahan 0,6 persen pada tahun berikutnya.

Spanyol mengupayakan data talangan sampai 123 miliar dolar untuk menyelamatkan bank-bank yang bermasalah. Dalam kebijakan lain, Bank Sentral Eropa telah mengatakan kepada menteri keuangan benua itu bahwa investor utama dalam obligasi bank itu harus menanggung sebagian kerugian bank akibat pinjaman yang belum dilunasi. Sampai saat ini, pemegang saham bank dan mereka yang memiliki obligasi dalam jumlah lebih kecil akan menanggung beban kerugian finansial itu.
XS
SM
MD
LG