Tautan-tautan Akses

AS

Pekerja Restoran Cepat Saji Amerika Tuntut Upah 15 Dolar Per Jam


Konvensi pekerja restoran saji cepat di pinggiran kota Chicago

Konvensi pekerja restoran saji cepat di pinggiran kota Chicago

Pekerja restoran cepat saji dari seluruh Amerika hari Sabtu bertekad meningkatkan upaya mereka untuk upah 15 dolar per jam dan keanggotaan serikat buruh.

Mereka menggunakan pembangkangan sipil tanpa kekerasan, membandingkan kampanye mereka dengan gerakan hak-hak sipil untuk mencapai tujuan tersebut.

Lebih dari 1.300 pekerja berkumpul di pinggiran kota Chicago untuk membahas masa depan kampanye yang telah menyebar ke puluhan kota dalam waktu kurang dari dua tahun. Mengenakan T-shirt dengan tulisan “Berjuang untuk 15 Dolar'' dan “Kami Layak Mendapat Lebih,'' pekerja bersorak keras dan menyatakan mereka akan menang jika bersatu.

Konvensi hari Sabtu mencakup sesi pembangkangan sipil dan pelatihan kepemimpinan. Kendall Fells, panitia pengarah kampanye itu dan wakil dari Service Employee International Union, SEIU, mengatakan kapan dan apa tindakan selanjutnya akan sampai diserahkan ke pekerja di masing-masing kota.

Upah minimum federal sekarang adalah 7 dolar 25 sen per jam, sekitar 15 ribu dolar per tahun untuk orang yang bekerja 40 jam seminggu, meskipun banyak pekerja restoran cepat saji mendapat jam kerja yang jauh lebih sedikit. Presiden Obama telah menyerukan agar upah dinaikkan menjadi 10 dolar 10 sen.

Menurut pekerja restoran cepat saji, bahkan jumlah upah yang diusulkan Obama tidak cukup karena umumnya orang yang bekerja di industri itu kini adalah orang dewasa yang punya anak, bukan remaja yang ingin mendapat uang saku.

Industri restoran telah menyatakan, upah per jam 15 dolar bisa membuat bangkrut usaha dan PHK, meski Dewan Kota Seattle baru-baru ini memutuskan untuk menaikkan upah minimum kota itu menjadi 15 dolar per jam, secara bertahap dalam beberapa tahun.

Asosiasi Restoran Nasional pekan lalu mengatakan menaikkan upah menjadi 15 dolar tidak akan mengatasi kesenjangan pendapatan.

Menurut pekerja, banyak orang bertahan kerja bertahun-tahun di restoran cepat saji, karena seringkali hanya itulah pekerjaan yang ada.

XS
SM
MD
LG