Tautan-tautan Akses

Pekerja Belgia Protes Langkah Penghematan Pemerintah


Puluhan ribu pekerja Belgia turun ke jalan-jalan di Brussels hari Kamis (6/11) dan bentrok dengan polisi setempat.

Puluhan ribu pekerja Belgia turun ke jalan-jalan di Brussels hari Kamis (6/11) dan bentrok dengan polisi setempat.

Pekerja Belgia turun ke jalan-jalan di Brussels hari Kamis (6/11) memprotes langkah-langkah penghematan oleh pemerintah.

Sedikitnya 100 ribu pekerja Belgia turun ke jalan-jalan di Brussels hari Kamis (6/11) memprotes reformasi pasar bebas dan langkah-langkah penghematan pemerintah Belgia.

Sedikitnya 14 orang cedera ketika para demonstran bentrok dengan polisi.

Para pengunjuk rasa melempari polisi dengan batu dan kembang api, menjungkirbalikkan mobil dan membakarnya. Polisi menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan para demonstran.

Para pekerja itu memprotes rencana pemerintahan baru Belgia yang berhaluan tengah-kanan yang meningkatkan usia pensiun dari 65 menjadi 67 tahun, membekukan upah dan mengurangi pelayanan umum.

Pemerintah Belgia mengatakan harus menerapkan langkah-langkah penghematan untuk menjaga defisit anggaran sesuai dengan persyaratan Uni Eropa. Langkah ini juga menegaskan perusahaan-perusahaan perlu keringanan pajak lagi untuk bersaing di pasar global.

Serikat buruh keberatan dengan rencana pemerintah, mengatakan rencana itu merusak kesejahteraan rakyat Belgia. Serikat buruh mengumumkan akan mendorong tuntutan mereka dalam kampanye selama beberapa minggu yang akan berujung pada pemogokan umum tanggal 15 Desember.

XS
SM
MD
LG