Tautan-tautan Akses

Pekerja Bantuan Inggris Tewas akibat Granat Tim Penyelamat


Pekerja bantuan Inggris yang tewas di Afghanistan, Linda Norgrove.

Pekerja bantuan Inggris yang tewas di Afghanistan, Linda Norgrove.

Linda Norgrove kemungkinan tewas di Afghanistan akibat granat yang diledakkan oleh tim pasukan khusus AS dan bukan dibunuh Taliban.

Pejabat Amerika dan Inggris telah melancarkan penyelidikan sehubungan tewasnya seorang pekerja bantuan Inggris ketika berlangsung usaha penyelamatan di Afghanistan timur.

Perdana Menteri Inggris David Cameron Senin mengatakan bahwa Linda Norgrove kemungkinan tewas akibat granat yang diledakkan oleh tim pasukan khusus Amerika, dan bukan pihak Taliban yang menahannya, sebagaimana dilaporkan semula.

Perdana Menteri Inggris mengatakan kepada reporter di London bahwa insiden itu kini sedang diselidiki. Ia juga membela keputusan untuk melaksanakan misi penyelamatan itu.

Norgrove tewas pada hari Jumat di provinsi Kunar. Pekerja bantuan Inggris ini diculik oleh pemberontak Taliban pada tanggal 26 September di Lembah Dewagal, provinsi Kunar.

NATO memberi konfirmasi bahwa Jenderal Petraeus telah memerintahkan penyelidikan terhadap kematian Norgrove, yang oleh laporan awal diberitakan tewas akibat ledakan yang dipicu pihak yang menawan dirinya. NATO mengatakan sebuah tinjauan dari misi penyelamatan tidak secara jelas menentukan sebab dari kematiannya.

XS
SM
MD
LG