Tautan-tautan Akses

Pekerja Bantuan India yang Diculik di Afghanistan Dibebaskan


Pekerja bantuan India, Judith D’Souza telah dibebaskan di Afghanistan (foto: dok).

Pekerja bantuan India, Judith D’Souza telah dibebaskan di Afghanistan (foto: dok).

Seorang warga India pekerja bantuan kemanusiaan yang diculik di Afghanistan bulan lalu telah dibebaskan, kata Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj hari Sabtu (23/7).

“Saya dengan gembira memberitahu bahwa Judith D’Souza telah diselamatkan,” Menlu India Sushma Swaraj mengatakan melalui akun twitter resminya, Sabtu.

Tidak diberikan keterangan lebih jauh mengenai bagaimana D’Souza dibebaskan, tetapi Swaraj mengatakan Duta Besar India untuk Afghanistan, Manpreet Vohra, mendampingi D’Souza dan mereka diperkirakan akan segera tiba di New Delhi.

Judith D’Souza, yang berusia 40 tahun, diculik tanggal 9 Juni dari tengah ibukota Kabul ketika ia bekerja pada Yayasan Aga Khan. Yayasan itu, bagian dari Jaringan Pembangunan Agha Khan, telah menyalurkan ratusan juta dolar ke proyek-proyek pembangunan kembali Afghanistan.

Anggota keluarga D’Souza di Kolkata mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas pembebasan D’Souza dan meminta privasi.

Setelah penculikan D’Souza, polisi di Kabul kabarnya mengatakan kepada para orang asing yang tinggal di luar komplek yang tidak dilindungi agar menggunakan pengawal pribadi dalam melakukan perjalanan, dan mengatakan penculikan dan ancaman kejahatan sangat sungguh-sungguh di ibukota tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG