Tautan-tautan Akses

Pejuang Islamis di Suriah Bebaskan 300 Warga Kurdi


Tentara pejuang Islamis di Suriah yang terkait dengan kelompok al-Qaida (foto: dok).

Tentara pejuang Islamis di Suriah yang terkait dengan kelompok al-Qaida (foto: dok).

Pembebasan warga Kurdi di Suriah utara itu sebagai imbalan pembebasan Abu Musaab, seorang komandan kelompok setempat yang terkait al-Qaida.

Aktivis Suriah hari Minggu mengatakan bahwa pejuang Islamis yang memerangi pemberontak Kurdi di sebuah kota dekat perbatasan utara Suriah dengan Turki telah membebaskan 300 warga sipil Kurdi yang mereka tahan sebagai imbalan pembebasan komandan kelompok setempat yang terkait al-Qaida.

Kelompok Pengamat HAM Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan komandan Islamis di kota Tal Abyad yang dikenal sebagai Abu Musaab ditangkap Sabtu sore (20/7), selama pertempuran sengit antara kelompok Negara Islam di Irak dan Levant atau ISIS dan para pejuang-pejuang Kurdi.

Kelompok Islamis membalas dengan menahan warga sipil yang diyakini sebagai keluarga pejuang Kurdi untuk tawar menawar. Pertempuran mereda hari Minggu,

Beberapa hari sebelumnya pejuang Kurdi menyingkirkan militan Arab dari ISIS dan front al-Nusra dari kota strategis Ras al-Ain dan perlintasan perbatasan dengan Turki.

Warga Kurdi Suriah selama minggu terakhir berusaha menyingkirkan militan terkait al-Qaida banyak diantaranya pejuang asing dari provinsi Hassakeh. 60 lebih pejuang tewas dari kedua belah pihak.

Persaingan antara pihak Islamis dan pemberontak Suriah lan dan juga antara warga Kurdi dan Arab meningkat dalam beberapa minggu terakhir, bagian dari perebutan kekuasaan yang merugikan upaya untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad.
XS
SM
MD
LG