Tautan-tautan Akses

Pejabat Vietnam Tewas Ditembak akibat Sengketa Tanah


Para petani Vietnam di provinsi Dak Nong melakukan unjuk rasa karena tanahnya dirampas oleh pejabat pemerintah daerah (foto: dok).

Seorang pria Vietnam memasuki sebuah gedung pemerintah daerah dan menembak empat orang, menewaskan satu orang sebelum menembak dirinya sendiri.

Sengketa tanah di Vietnam telah berakhir dengan tragedi setelah seorang pria bersenjata memasuki sebuah gedung pemerintah daerah dan menembak empat orang, menewaskan satu orang sebelum menembak dirinya sendiri.

Pihak berwenang di kota Thai Binh utara mengatakan Dang Ngoc Viet mengambil tindakan itu setelah mengetahui sebidang tanahnya akan dirampas untuk pembangunan. Orang yang tewas dalam penembakan itu adalah seorang pejabat badan manajemen lahan lokal.

Seorang pejabat provinsi, yang tidak ingin disebut jatidirinya, mengukuhkan jumlah korban itu dalam wawancara dengan VOA. Dia juga memastikan rumah tersangka itu terletak di daerah pembersihan lahan, dan penyelidikan atas sengketa tanah itu kini dilakukan.

Ngo Thi Quyen, tetangga tersangka, memberitahu VOA seluruh warga di provinsi itu terkejut mendengar pembunuhan itu.

Kebijakan-kebijakan pertanahan yang kontroversial di Vietnam telah mengusir puluhan ribu warga dari rumah dan tempat usaha mereka dalam beberapa tahun ini selagi pembangunan semakin gencar.
XS
SM
MD
LG