Tautan-tautan Akses

Pejabat Uni Eropa Serukan Persatuan untuk Atasi Krisis Pengungsi


Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini (foto: dok).

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini (foto: dok).

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mendesak negara-negara anggota Uni Eropa berhenti bertengkar mengenai cara menampung ribuan pengungsi Suriah.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mendesak blok 28-negara itu agar berhenti bertengkar mengenai cara menampung ribuan pencari suaka asal Suriah dan tempat lain di Timur Tengah yang didera perang.

"Persatuan dalam negeri kita memperkuat atau melemahkan tindakan eksternal kita," katanya kepada wartawan di ibukota Lithuania, Vilnius.

Menteri-menteri kehakiman dan dalam negeri Uni Eropa akan bertemu hari Selasa dan para pemimpin Uni Eropa mengadakan KTT hari Rabu, dengan pembicaraan dalam kedua pertemuan itu terpusat pada aliran migran terbesar ke Eropa sejak Perang Dunia II.

Presiden Parlemen Eropa Martin Schulz mengatakan ia khawatir KTT Uni Eropa akan berakhir dengan perselisihan. Ia bertemu Presiden Perancis Francois Holland hari Senin guna berusaha "mencegah melebarnya perbedaan dan kesenjangan yang sudah ada" di kalangan negara-negara Uni Eropa. [ka/al]

XS
SM
MD
LG