Tautan-tautan Akses

Pejabat Uni Afrika Serukan Solidaritas Lawan Ebola


Ketua Komisi Uni Afrika, Nkosazana Dlamini Zuma (foto: dok).

Ketua Komisi Uni Afrika, Nkosazana Dlamini Zuma (foto: dok).

Ketua Komisi Uni Afrika Nkosazana Dlamini Zuma menyampaikan seruan itu Selasa (28/10) dalam pertemuan di Addis Ababa, Ethiopia.

Ketua Komisi Uni Afrika menyerukan solidaritas Afrika untuk mengatasi perebakan Ebola dengan mengatakan tidak ada negara yang akan bebas dan sehat jika satu negara masih menghadapi Ebola.

Nkosazana Dlamini Zuma menyampaikan seruan itu Selasa (28/10) di Addis Ababa, Ethiopia dalam pertemuan dengan pejabat PBB, Bank Dunia, Bank Pembangunan Afrika dan Komisi Uni Eropa.

Ia mengatakan setelah kembali dari kunjungan ke lima negara Afrika, Ghana, Pantai Gading, Liberia, Guinea dan Sierra Leone, delegasinya sangat “tersentuh” dengan upaya-upaya rakyat dan pemerintah dalam melawan penyakit itu dan dampaknya.

Zuma mengatakan ia “sangat terkesan” oleh janji pengiriman 1.000 lebih pekerja kesehatan, selain dukungan keuangan yang disediakan dan dijanjikan oleh negara-negara anggota. Ia menyerukan kepada negara-negara yang belum berkontribusi untuk melakukannya “ demi solidaritas”.

Dalam pertemuan yang sama, Sekjen PBB Ban Ki-moon mengulangi seruan pada negara-negara Uni Afrika untuk tetap membuka perbatasan mereka supaya para pekerja dan bantuan medis bisa lewat.

XS
SM
MD
LG