Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat Tinggi Militer China Kunjungi AS


Fan Changlong, wakil kepala Komisi Militer Pusat China (kanan) dan Menlu AS John Kerry dalam pembicaraan di Beijing bulan lalu (foto: dok).

Fan Changlong, wakil kepala Komisi Militer Pusat China (kanan) dan Menlu AS John Kerry dalam pembicaraan di Beijing bulan lalu (foto: dok).

Fan Changlong, wakil kepala Komisi Militer Pusat China sedang berada di Amerika dan akan mengadakan serangkaian pertemuan dengan pejabat AS.

Departemen Pertahanan AS mengatakan, Fan Changlong, wakil kepala Komisi Militer Pusat China akan datang ke Pentagon dan bertemu dengan Menteri Pertahanan Ash Carter, hari Kamis.

Hari Senin (8/6), Fan berada di San Diego, California, untuk mengunjungi pangkalan NAS North Island. Ia juga akan mengunjungi kapal induk “USS Ronald Reagan” dan singgah di beberapa perhentian lain dalam perjalanan ke Washington DC.

Fan akan mengunjungi Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri hari Jumat, sebelum bertolak ke Cancun, Meksiko.

Para pejabat AS menggambarkan kunjungan tersebut sebagai rutinitas dan memang telah dijadwalkan sebelumnya. Tetapi mereka menambahkan, Carter akan mengangkat keprihatinan tentang Laut Cina Selatan, serta "hal-hal yang menjadi keprihatinan bersama."

Perjalanan Fan itu dilakukan seminggu setelah AS mengkonfirmasi telah terjadi peretasan besar-besaran terhadap jutaan arsip pegawai pemerintah AS di Kantor Manajemen Personalia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei, menyebut tuduhan tersebut "tidak bertanggung jawab" dan menekankan bahwa China juga adalah korban serangan maya.

Tuduhan bahwa China berperan dalam serangan itu, termasuk kemungkinan disponsori oleh pemerintah, dapat lebih menegangkan hubungan antara Washington dan Beijing.

XS
SM
MD
LG