Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi Korea Selatan Ajak Korea Utara Gelar Pembicaraan


Menteri Unifikasi Korea Selatan, Ryoo Kihl-jae (Foto: dok).

Menteri Unifikasi Korea Selatan, Ryoo Kihl-jae (Foto: dok).

Ryoo Kihl-jae, Menteri Unifikasi Korea Selatan yang memimpin urusan mengenai Korea Utara, mengatakan dalam jumpa pers hari Senin (29/12) bahwa permohonan resmi telah dikirim ke Pyongyang.

Seorang pejabat tinggi Korea Selatan telah menawarkan untuk menyelenggarakan pembicaraan tingkat tinggi dengan Korea Utara guna membahas “kepentingan bersama,” termasuk reuni keluarga yang terpisah oleh Perang Korea.

Ryoo Kihl-jae, Menteri Unifikasi Korea Selatan yang memimpin urusan mengenai Korea Utara, mengatakan dalam jumpa pers hari Senin bahwa permohonan resmi telah dikirim ke Pyongyang. Ia mengatakan ia bersedia untuk membicarakan masalah apapun yang penting bagi kedua negara.

Kalau disetujui, pembicaraan itu akan diadakan bulan depan di Pyongyang dengan pejabat Korea Utara timpalan Ryo, Kim Yang Gon.

Kedua negara sebelumnya telah menyepakati pembicaraan tingkat tinggi yang telah dijadwalkan untuk dua bulan lalu setelah kunjungan mendadak ke Seoul bulan Oktober oleh delegasi tingkat tinggi dari Utara. Namun, Korea Utara dengan marah membatalkannya ketika para aktivis dari Selatan menjatuhkan selebaran anti-Pyongyang ke seberang perbatasan melalui balon.

XS
SM
MD
LG