Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi China Akan Berkunjung ke Vietnam


Kapal penjaga pantai China mengejar kapal Vietnam dekat lokasi anjungan minyak Vietnam di Laut China Selatan, lepas pantai Vietnam (1/6).

Kapal penjaga pantai China mengejar kapal Vietnam dekat lokasi anjungan minyak Vietnam di Laut China Selatan, lepas pantai Vietnam (1/6).

Menteri Utama China Yang Jiechi dan Wakil Perdana Menteri Vietnam Pham Binh Minh akan membicarakan anjungan minyak China saat mereka bertemu pada acara bilateral tahunan.

Seorang pejabat tinggi China akan berkunjung ke Vietnam pekan ini di tengah peningkatan ketegangan hubungan kedua negara menyusul pembangunan anjungan pengeboran minyak raksasa China di lepas pantai Vietnam pada Mei.

Menteri Utama China Yang Jiechi dan Wakil Perdana Menteri Vietnam Pham Binh Minh akan membicarakan anjungan minyak itu ketika mereka bertemu pada acara bilateral tahunan yang akan dihadiri Yang, demikian kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Le Hai Binh, kepada para wartawan Senin (16/6)

Kunjungan Yang akan menjadi pertemuan tingkat paling tinggi antara kedua negara sejak anjungan tersebut didirikan 2 Mei.

Kementerian Luar Negeri Vietnam mengatakan dalam pernyataan pada waktu itu bahwa Minh mengutuk pemasangan anjungan minyak China itu, dengan mengatakan anjungan itu melanggar kedaulatan Vietnam dan menuntut agar China segera menarik anjungan minyak itu dan kapal-kapal pengawalnya.
XS
SM
MD
LG