Tautan-tautan Akses

3 Politisi Taiwan Tak Diizinkan Masuk Hong Kong


Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara kepada media di Taipei (20/8).

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara kepada media di Taipei (20/8).

Dua orang dilarang masuk karena mendukung presiden Taiwan, satu lagi karena keterlibatan dalam penyelidikan aset-aset partai Taiwan yang pro China daratan.

Pemerintah China hari Selasa (23/8) melarang tiga tokoh politik Taiwan menghadiri sebuah forum di Hong Kong.

Perwakilan CS Culture Foundation, penyelenggara forum antar selat yang berkantor di Hong Kong mengatakan, Kantor Perwakilan China di Hong Kong mengumumkan tiga pembicara utama itu akan ditolak masuk ke kota tersebut.

Salah seorang yang dijadwalkan menjadi pembicara, Yang Wei-chung, mantan juru bicara Partai Kuomintang (KMT) mengatakan visanya ditolak pada menit-menit terakhir meskipun sudah disetujui sebelumnya.

Dua pembicara lainnya, pakar politik Fan Shih-ping, yang menjadi anggota komite konsultasi Dewan Hubungan Taiwan Daratan dan anggota legislatif Kuo Jeng-liang, anggota Partai Kemajuan Demokratis yang berkuasa, mengatakan penolakan pada saat-saat terakhir itu tanpa penjelasan.

Susie Chiang Su-hui, pimpinan CS Culture Foundation mengatakan pejabat China memberitahunya bahwa keterlibatan Yang dengan komite pemerintah yang bertugas menyelidiki aset-aset partai Taiwan yang pro China daratan membuatnya “tidak tepat” sebagai pembicara tamu.

Dua pembicara lainnya, kata Chiang Su-hui, ditolak karena sebelumnya menyatakan dukungan terhadap Presiden dari Partai Kemajuan Demokratis, Tsau Ing-wen. [my/al]

XS
SM
MD
LG