Tautan-tautan Akses

Pejabat Senior Amerika Kunjungi India untuk Rekonsiliasi


Nisha Biswal

Nisha Biswal

Seorang pejabat senior Amerika mengunjungi India untuk menormalisasi hubungan yang tegang karena penangkapan seorang diplomat India hampir tiga bulan lalu.

Pesan yang dibawa Asisten Menteri Luar Negeri Amerika untuk Asia Selatan dan Tengah, Nisha Biswal ke New Delhi adalah bahwa Washington ingin segera menyelesaikan perselisihan yang timbul karena penahanan seorang Diplomat India di New York bulan Desember lalu.

Penangkapan itu mengakibatkan hubungan bilateral kedua negara merosot ke tingkat paling rendah dalam 15 tahun, dan menyebabkan beberapa rencana kunjungan oleh beberapa pejabat Amerika termasuk Biswal ditangguhkan.

Persetujuan yang memungkinkan diplomat tersebut pulang ke India tidak dapat memulihkan sepenuhnya hubungan yang tegang.

Ketika Biswal mendarat hari Selasa di Bangalore dalam kunjungan yang pernah ditangguhkan itu, ia menulis dalam sebuah surat kabar India bahwa kemitraan antara kedua negara menghadapi tantangan yang harus diselesaikan.

Tetapi dengan India akan menyelenggarakan pemilu, timbul keraguan apakah kunjungan para pejabat Amerika akan bisa mencapai tujuan itu.

Bharat Karnad dari Pusat Riset Kebijakan di New Delhi mengatakan, sengketa baru-baru ini memapar persoalan yang lebih mendalam mengenai hubungan antara India dan Amerika, yang disebutnya dingin.

Karnad mengatakan, “New Delhi menjadi sangat menyadari perbedaan pendapat yang masih ada dan yang belum ditangani oleh Washington, sehingga sulit bagi Biswal untuk bersikap agak longgar. Pemerintahan Obama mengatakan marilah kita kembali dari awal, itu memandang mudah masalahnya. Itu tidak akan membantu dalam memulihkan kepentingan kita seperti semula”.

Dari Bangalore, Biswal menuju New Delhi di mana ia akan bertemu dengan para pejabat senior India untuk mengadakan pembicaraan dari masalah keamanan sampai kerjasama ekonomi.

Biswal menyerukan kepada India agar memberikan perlindungan hak paten yang lebih kuat dan menciptakan lingkungan yang lebih terbuka untuk meningkatkan perdagangan.

Perdagangan merupakan isu lain yang menegangkan hubungan. New Delhi marah karena ancaman sanksi Amerika baru-baru ini gara-gara perlindungan hak intelektual yang dianggap lemah di India. Dari soal panel surya sampai farmasi, dan sampai pada maskapai penerbangan, kedua negara telah bersengketa pekan-pekan belakangan ini, dengan beberapa masalah diajukan ke Organisasi Perdagangan Sedunia atau WTO.
XS
SM
MD
LG