Tautan-tautan Akses

Pejabat Rusia: Ukraina Bertanggung Jawab atas Jatuhnya MH17


Menhan Rusia Sergei Shoigu saat berada di Sevastopol, Krimea (Foto: dok).

Menhan Rusia Sergei Shoigu saat berada di Sevastopol, Krimea (Foto: dok).

Negara-negara Barat telah menuduh Rusia memberi separatis pro-Rusia rudal buatan Rusia yang menjatuhkan pesawat MH17 itu di Ukraina Timur. Rusia telah berulangkali membantah keterlibatannya.

Menteri Pertahanan Rusia menyatakan Ukraina memikul “tanggung jawab penuh” atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH17 karena insiden itu terjadi di wilayah angkasa Ukraina.

Sergei Shoigu mengemukakan pernyataan itu hari Rabu (10/9) dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein di Moskow.

Negara-negara Barat telah menuduh Rusia memberi separatis pro-Rusia rudal buatan Rusia yang menjatuhkan pesawat MH17 itu di Ukraina Timur. Rusia telah berulangkali membantah keterlibatannya. Ke-298 orang dalam pesawat tersebut tewas dalam kecelakaan 17 Juli itu.

Suatu laporan pendahuluan yang dilansir hari Selasa (9/9) mengenai insiden itu menyebutkan pesawat itu hancur di atas Ukraina Timur setelah dihantam oleh banyak “benda berkecepatan tinggi”.

Dokumen dari para investigator Belanda itu tidak menyebut-nyebut siapa yang bertanggungjawab atas kecelakaan itu. Tetapi Departemen Luar Negeri Amerika menyatakan laporan itu “menyoroti berbagai pertanyaan yang masih harus dijawab Rusia.”

XS
SM
MD
LG