Tautan-tautan Akses

Pejabat Palang Merah Jepang dan Korea Utara Bertemu


Pertemuan Palang Merah Jepang dan Korea Utara

Pertemuan Palang Merah Jepang dan Korea Utara

Para pejabat Palang Merah Jepang dan Korea Utara bertemu di China, Senin.

Jepang berharap pertemuan itu akan menjadi satu langkah menuju pembicaraan mengenai pemulangan warganegara Jepang yang diculik Korea Utara pada tahun1970-an dan 1980-an.

Pertemuan Palang Merah itu membahas isu berbeda, yakni pemulangan jenazah 21.600 warga Jepang yang meninggal di Korea semasa kekacauan pada akhir Perang Dunia II.

Menurut kantor berita Jepang Kyodo, para pejabat Kementerian Luar Negeri dari kedua negara juga menghadiri pertemuan dan mengadakan pembicaraan informal di sela-sela pertemuan itu.

Kedua negara, yang tidak memiliki hubungan diplomatik itu belum pernah mengadakan pembicaraan resmi antar pemerintah sejak November 2012. Jepang menganggap penyelesaian kasus penculikan merupakan satu langkah penting sebelum menormalisasi hubungan dengan Korea Utara.

Korea Utara mengizinkan lima warga Jepang yang diculik untuk pulang ke negara mereka pada tahun 2002. Tetapi Jepang meyakini setidaknya ada 12 orang lainnya yang juga diculik dan menginginkan mereka dipulangkan seandainya mereka masih hidup.
XS
SM
MD
LG